Macam-Macam Format Berita Televisi

Halo teman-teman seperjuangan, saya kembali lagi dengan memberikan informasi yang positif hgiahgiahgia, jadi saya sedang magang disalah satu TV swasta di Indonesia yang mengkhususkan program berita, dan ini yang saya tau tentang format berita.

Foto : control room berita


Televisi memiliki sejumlah format berita, yaitu sebagai berikut, dibaca sampai habis jangan setengah-setengah :
  • Reader (RDR)
Reader atau RDR adalah jenis berita yang seluruh narasi atau storynya dibacakan oleh presenter. Mirip seperti baca naskah gitu deh di depan kamera dan di bantu yang namanya prompter, sesuai dengan namanya reader, ya jadinya presenter cuma bacain berita aja tanpa menampilkan visualnya.

RDR ditampilkan jika suatu peristiwa dianggap cukup penting, misalnya seperti mau demo, kenaikan bbm, atau isu-isu yang akan terjadi deh pokoknya.
  • Reader – Sound on Tape (RDR-SOT)
Reader – Sound on Tape (RDR-SOT) adalah berita yang leadnya dibaca oleh presenter, yang kemudian dilengkapi pernyataan narasumber. Berita jenis ini biasanya potongan dari wawancara wartawan lalu memberitakannya kembali, misalnya si wartawan mewawancarai narasumber terkait banjir di pagi hari, lalu pada siang hari pembahasan si narasumber diberitakan kembali melalui naskah presenter dan disambung dengan narasumber yang tadi pagi.
  • Reader-Grapihics (RDR-GRAP)
Reader-Grapihics (RDR-GRAP) adalah berita reader (RDR) yang dilengkapi dengan grafis. Grafis berfungsi menggantikan gambar yang belum atau tidak diperoleh. Ini pemberitaan yang enak dinikmati, karena dengan kita melihat grafis yang dijelaskan oleh presenter, kita juga dapat mudah memahami dengan berbagai animasi yang dibuat untuk lebih mudah dicerna penonton, ya mirip presentasi waktu di kelas, bedanya waktu di kelas backgroundnya papan tulis, tapi kalo ini backgroundnya animasi grafis, dan lain-lain.
  • Voice Over (VO)
Voice Over atau VO adalah berita yang seluruh naskah atau narasinya dibaca oleh presenter. Dengan perkataan lain, presenter membacakan lead sekaligus tubuh dan ending. Biasanya ini cuma buat berbagai berita yang cepat seperti infobmkg gitu deh pokoknya.
  • Voice Over – Sound on Tape (VO-SOT)
Merupakan gabungan antara VO dan SOT. Dengan kata lain, dari sisi gambar, VO-SOT adalah gabungan antara gambar suasana atau peristiwa dan gambar narasumber yang diwawancarai. SOT atau pernyataan narasumber berfungsi memperkuat VO atau peristiwa. Sesuai Standar internasional, berita televisi yang berakhir dengan SOT, sebaliknya dilengkapi dengan tag.
  • Paket atau Package (PKG)
Berita paket atau package (PKG) adalah format berita televisi yang lengkap. Berita paket sekurang-kurangnya terdiri atas gambar suasana, narasi voice over (dubbing), rekaman wawancara (sound on tape / sound bites), suara atmosfir atau natural sound (suara-suara alami yang tertangkap mic kamera).

Berita paket yang lebih lengkap, selain gambar suasana, narasi yang di dubbing, natural sound, juga dilengkapi dengan grafik serta reporter yang tampil didepan kamera (on camera). Lead dibacakan oleh presenter, dan tubuh berita dibacakan oleh dubber.
  • Live on Tape (LOT)
Sesuai dengan namanya, live on tape itu pemberitaan yang membawa kita seperti langsung berada di tempat kejadian, jurnalis yang berada di lokasi akan memberitakannya dan menginformasikannya kepada presenter yang berada di studio, ya seperti halnya kita video call sama pacar lah, bedanya yang ini live on tape ini informasi yang penting, kalo video call sama pacar kadang informasiin yang ga penting. hahahaha

Oke jadi itu lah berbagai format berita dalam televisi, jika ada kata-kata yang tidak mudah difahami nanti saya jelasin lewat youtube saya di Jayendraff. Di lek, komen dan subrek juga ya channelnya. Terimakasih



Comments

Popular Posts