Pengalaman Magang Production Asisstant di MetroTV

 Hai warga +62 kembali lagi bersama gue Jay dalam blog ini, yah setelah sekian lama sudah tidak menulis akhirnya menulis lagi, kali ini gue mau sharing pengalaman gue tentang magang gue ni, alias kuliah kerja praktek kalo kata kampus gue.


Oke dimulai dari gue cara masuknya dulu ya ke Metrotv itu gimana, yang jelas waktu bulan Agustus akhir itu gue mulai mencari perusahaan dengan daftar online ke website official media yang ada di jakarta, seperti KompasTV, Net TV, TVRI, MNC Media, Koran, Radio dan beberapa perusahaan broadcast lainnya. Duh ga ada satupun yang sedang buka info magang ini, hiks rasanya cukup menggalau karena beberapa teman kampus udah pada dapet tempat, dan gue sendiri yang belum magang, dan benar aja, paniknya bukan maes bosku, bener-bener kaya lamar kerja susahnya cari magang doang hehe, tapi gapapa belajar untuk mencari akan menjadi pengalaman berharga kedepan, hahaha. Sampai mama menghubungi tetangga yang kerja di instansi kepolisian cuma buat nitip anaknya magang, padahal ga ada background demikian.


Akhirnya gue inisiatif sendiri buat pergi ke kantor dan tanya langsung, pertama gue dateng ke kantor pusat Cahaya Televisi Banten (CTV Banten) yang berlokasi deket Taman Metro Permata, disana gue cuma disuruh kasih surat pengantarnya dan ninggalin no handphone, namun disana pun masih digantung, akhirnya gue inisiatif pergi ke MetroTV di tanggal 31 Agustus, gile akhir bulan banget ya kan. Dan gue coba tanya ke resepsionis yang bertugas dengan pakaian rapi dan almamater kampus. 

Dengan izin Tuhan dan doa orangtua, resepsionis langsung menghubungkan gue sama HRD, namanya Ka Nabila hehe, disitu gue seneng banget karena gue dateng ke kantor langsung dan pada tanggal 2 September gue mulai bisa magang, wooooww gila ternyata secepat itu prosesnya tanpa embel-embel yang ga ribet, hahaha. Tentunya gue pada hari senin langsung urus semuanya, membuat CV, cover lettter, dan surat pengantar kampus dan pas foto sebagai syarat administrasi magang di MetroTV.
Traktiran Ulang Tahun Mbak Vina, Mas Egan dan Om Pramono

Karena gue mahasiswa broadcasting jadinya pihak HRD menempatkan gue pada posisi Internship Production Assistant, yap betul sekali, jobdesknya sesuai dengan latarbelakang pendidikan yang gue tempuh, sesuai dengan minat dan kemampuan. Bertemu dengan para Producer News program berita pagi yang bernama Metro Pagi Primetime, disana dengan bangganya gue memperkenalkan diri hahaha, disana ada Mas Ridswan, Mas Yulian, Mas Aji, Mas Ali, Mas Ario, dan Mbak Laras selaku Producer yang bertugas, dan ada atasan mereka yang disebut Executive Producer yaitu Mas Pramono dan Mas Watem (Yudi), oh ya ga ketinggalan juga para guestbookernya ada Mbak Nissa, Mas Ragil, dan Kak Sofia, dan terakhir para presenter kece yang selalu tampan dan cantik di depan kamera, ada Mas Kevin, Mas Wahyu, Mbak Vina, dan Mbak Anie.

Presenter paling kece se-MetroTV "Wahyu Wiwoho"


Kurang lebih selama 4 bulan magang disana, beberapa producer selalu berperan sebagai 'ayah' di tempat kerja, hahaha ya namanya masih magang ya, ga semua jobdesk dapat dipercayakan semua, pastinya apa-apa selalu didampingi agar terhindar dari kesalahan fatal yang nanti akan berbuntut panjang apalagi sampe pihak kampus tau, aduh ga banget kan? hehe.

numpang nama di credit title



Oh iya terkait jobdesknya gue dipercaya untuk melisting berbagai macam live report, update mcr, memantau siaran hingga akhir, mengisi credit title yang crew bertugas, dan tentunya mencari bahan visual yang ada di internet untuk materi yang akan diberitakan sesuai arahan produser. Dan kadang bantu-bantu ngeditin video dikit, meskipun nanti direvisi lagi sama editor.




Oh iya sampe sini dulu ya ceritanya, semangat untuk kalian yang mau magang! Sampai jumpa di blogku selanjutnya hehehe, have a nice day!

Comments

Popular Posts